honda beat injeksi vs yamaha mio J vs suzuki nex

Artikel Terkait


mio-J-merah_thumb12suzuki-nex_thumb11
Ihsan Magazine - dulu dah pernah ADU BANTENG eh adu muka antara ketiga matic jagoan masing-masing pabrikan yakni honda beat injeksi vs yamaha mio J dan suzuki nex, kali ini mbahas power dengan spesifikasi diatas kertas, monggo disimak
honda beat FIyamaha mio Jsuzuki nex

DIMENSI 
Panjang X lebar X tinggi
:1.863x675x1.072 mm
Jarak sumbu roda: 1.255 mm
Jarak terendah ke tanah: 140 mm
Berat kosong: 93 kg
RANGKA
Tipe rangka: Tulang punggung
Tipe suspensi depan: Teleskopik
Tipe suspensi belakang: Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal
Ukuran ban depan: 80/90-14 M/C 40P
Ukuran ban belakang: 90/90-14 M/C 46P
Rem depan: Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem belakang: Tromol
Sistem pengereman: Standar (tipe SW dan CW), Combi Brake (tipe CBS)
MESIN    
Tipe mesin: 4-Langkah, OHC, pendinginan dengan kipas
Diameter X Langkah: 50×55 mm
Volume: 108 cc
Perbandingan kompresi: 9,2:1
Daya maksimum: 6,27 kW (8,52 PS) / 8.000 rpm
Torsi maksimum: 8,68 Nm (0,89 kgf.m) 6.500 rpm ‘
Kopling: Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Transmisi: Otomatis, V-Matic
Starter: Pedal dan elektrik
Sistem bahan bakar:
Injeksi (PGM-FI)
Kapasitas tangki: 3,7 liter
Kapasitas minyak pelumas: 0,8 liter pada pergantian periodik
SISTEM LISTRIK
Sistem pengapian: Full Transisterized, Baterai
Kelistrikan: Baterai 12V-3Ah (Tipe MF)
DIMENSIPanjang X lebar X tinggi
:
1.850 x 700 x 1.050 mmJarak sumbu roda
1.260 mm
Jarak terendah ke tanah : 130 mm
Berat isi :
Cast Wheel 92 kg, Spoke 93 kg
RANGKA
Tipe Rangka
:  Pipa Baja / Steel Underbone
Tipe suspensi depan
: Teleskopik
Tipe suspensi belakang
: Unit Swing, Suspensi Tunggal
Ukuran ban depan
:  70/90 – 14 M/C 34P
Ukuran ban belakang
:  80/90 – 14 M/C 40P
Rem depan
: Cakram
Rem belakang
: Tromol
MESIN    
Tipe mesin
: 4 langkah, 2 Valve SOHC, Kipas
Volume langkah
: 113,7 cc
Perbandingan kompresi
: 9,3 : 1
Daya maksimum
: 7,75 PS (5,7 kW / 5.000 rpm
Torsi maksimum
:
8,5 N.m (0,80 kgf.m) / 5.000 rpm
Tipe Kopling
: Kering, Kopling sentrifugal Automatic
Tipe Transmisi
: V-belt Otomatis
Pola Transmisi
: CVT Otomatis
Jumlah / Posisi Silinder
: Cylinder Tunggal / Mendatar
Sistem starter
: Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Bahan Bakar
: Fuel Injection (FI M-Jet) System
TANGKI = 4,8 L
Kapasitas oli mesin
: Total 0,85 liter/Berkala 0,74 Liter
Sistem Pelumas
:  Basah
SISTEM LISTRIK
Sistem pengapian
: TCI ( Transmisi Control Ignition )
Battery
:  YTZ4V (MF Battery) / GTZ4V (MF Battery)
Tipe busi
:
CR6HSA ( NGK )
DIMENSIPanjang X lebar X tinggi
:
1.850 x 665 x 1.035 mmJarak sumbu
mm 1.235
Jarak pijak  mm 135
Tinggi jok
mm
735
Berat kosong
kg
87
RANGKA
Suspensi Depan
Teleskopik, per ulir, Peredam Oli
Suspensi Belakang
Tipe lengan ayun, per ulir, Peredam Oli
Roda depan
70/90 – 14 M/C 34 P
Roda belakang
80/90 – 14 M/C 46 P
Velg
Casting Wheel
Rem Depan
Cakram
Rem Belakang
Tromol
MESIN
Jenis
4 langkah, 1 silinder
Sistem katup
SOHC, 2 valve
Diameter Langkah
mm
51,0 x 55,2
Isi silinder
cm3 113
Ratio kompresi
9.4
Tenaga maksimum
ps/rpm
9,4/8800
Torsi Maksimum
Nm/rpm
8,7/6.500
Transmisi
CVT/V-belt
Sistem starter
Elektrik dan engkol
Kapasitas tangki
L
3.5
SISTEM LISTRIK
Aki
12V (3,0 Ah) / 10 HR
Lampu depan
watt
12V 32W/32Wx1
setelah berpanjang lebar, mari kita bahas…
DIMENSI :
  • paling imut adalah suzuki nex
  • jarak dari tanah tertinggi adalah honda beat fi
  • jarak sumbu roda terpendak yakni suzuki nex
BAN :
  • ban suzuki nex = ban yamaha mio J ( menurut spek ),
  • ban tergambot STD yakni HONDA BEAT INJEKSI
REM :
  • paling superior di bidang pengereman yakni honda beat FI CBS, CBS pertama di kelasnya, soal pakem saya pikir lebih pakem yamaha ( CMIIW )
MESIN :
diatas kertas, SUZUKI NEX tampil sebagai jawara di kelasnya,
  1. suzuki nex        = 9,4 PS  @8800 RPM, Torsi 8,7Nm @6.500 rpm
  2. honda beat       = 8,52 PS @8500 RPM, Torsi  8,68 Nm @6.500 rpm ‘
  3. yamaha mio  J   = 7,75 PS @5.000 RPM, Torsi 8,5 N.m @ 5.000 rpm
yamaha mio j diposisi paling buncit baik luaran tenaga maupun torsinya, namun didapat di rpm menengah, biar irit katanya ,
adu spek diatas kertas sudah selesai, suzuki nex tampil dominan, kemudian disusul honda beat FI, kemudian di posisi buncit yamaha mio J
TANGKI BAHAN BAKAR
yamaha mio J memliki tangk i terbesar yakin 4,8 LITERdibandingkan honda beat fi maupun suzuki nex,
KONSUMSI BAHAN BAKAR
menurut data yang dilontarkan atas KLAIM pabrikan masing, masing, yang paling irit yakni
1. SUZUKI NEX
2. YAMAHA MIO J
3. HONDA beat FI paling boros diantara nomer 1&2
( pemakaian bahan bakar tergantung cara pakai, medan, berat penumpang dan paktor-paktor lain yang saling mempengaruhi :D )
kelengkapan sensor injeksi, dibahas next artikel ( biar nggak kepanjangan :D )
selamat memilih dan menimbang
  1. murah, irit, akselerasi bagus bertenaga suzuki nex
  2. fitur safety melimpah, abs , honda beat FI
  3. elegan, irit, , yamaha mio J
keputusan ditangan konsumen, menimbang harga, 3S, dan selera serta point2 lain yang mendukung dan mempengaruhi
atau motuba aja, muat banyak :D
salam ngawur :D
data spek dari welovehonda, suzuki indonesia, dan yamaha indonesia,
maaf jika salah, menerima krtik yang membangun,

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar

Silakan komen disini (silakan saja NYEPAM/NGEJUNK/BLOGWALKING) asalkan jangan mengumbar fitnah saja ^^

Cari Blog Ini

Memuat...